Pages

Cari Blog Ini

Selasa, 24 Januari 2012

Abu Simbel


Abu Simbel adalah sebuah monumen di Mesir yang dibangun oleh Faraoh Ramesses II. Monumen raksasa yang berada di tepian sungai Nil ini dibangun pada abad ke 13 SM.
Monumen ini diperkirakan dibangun untuk menunjukkan kekuasaan Faraoh Ramesses I kepada kerajaan lain. Di samping itu Abu Simbel juga dibuat sebagai penghormatan kepada dewa matahati, Ra-Harakhte. Namun ada yang menduga patung ini dibuat agar orang selelu mengingat sang Faraoh.


Cahaya matahari
Bagian depan Abu Simbel terdiri dari empat buah patung yang tingginya mencapai 20 meter. Di bagian bawah patung ini terdapat patung-patung yang lebih kecil. Patung-patung tersebut menunjukkan keluarga dari Ramesses II.

Sementara itu, di dalam Abu Simbel terdapat delapan patung Osiris yang dipahatkan pada pilar-pilarnya. Tinggi patung-patung ini sekitar sepuluh meter.

Di pusat monumen ini terdapat patung Faraoh. Patung ini akan jelas terlihat jika sinar matahari berada dalam satu garis lurus dengan lorong monumen. Hal ini hanya berlangsung 2 kali dalam setahun, yaitu sekitar akhir Pebruari dan akhir Nopember.

Monumen Nefertari
Tidak jauh dari Abu Simbel terdapat monumen Nefertari. Bangunan ini juga dibangun oleh Faraoh Ramesses II sebagai persembahan kepada Hathor, dewi kecantikan dan cinta. Kuil ini juga dipersembahkan kepada Nefertari, istri tercintanya. Bnagunan inipun mengalami pemindahan seperti Abu Simbel.


Fakta Menarik
Pada tahun 1960-an, pemerintah Mesir membangun bendungan Aswan. Proyek ini dipastikan akan merendam Abu Simbel. Karena itu, monumen ini dipindahkan ke tempat yang lebih tinggi. Caranya dengan memotong monumen tersebut dan menyusunnya kembali di tempat lain.

2 comments:

Rina Widyastuti mengatakan...

Hai, adik Bentham.. Teruslah menulis dan teruslah berbagi.. Pasti ada manfaatnya... :)

Unknown mengatakan...

Terima kasih, Kak...

Posting Komentar

Daftar Isi

Abu Simbel (1) Alam (15) Alaska (1) Alexander Fleming (1) Alexander Graham Bell (1) Apa Itu E-mail? (1) Apakah Bumi Itu (1) Apakah Cuaca Itu? (1) Archimedes (1) Atletik (1) Bagaimana pelangi terbentuk? (1) Bagaimana samudra dan laut terbentuk? (1) Bagaimana Terbentuknya Bumi? (1) Benarkah Bumi berputar? (1) Benjamin Franklin (1) Berapa banyak tulang yang kita miliki? (1) Berapa lama usia pohon dan semak-semak dapat bertahan? (1) Borobudur (1) Borobudur - Lingkungan Sekitar (1) Bulutangkis (1) Bumi (7) Candi Borobudur (1) Daftar Istilah (1) Darah (1) Galapagos (1) Gelas termasuk benda padat tetapi mengapa gelas terlihat bening? (1) Gunung Api (1) Ilmuwan dan Penemu (5) Isaac Newton (1) Jantung (1) Kamera Foto (1) Kantung Pemakan Tikus (1) Karate (1) Keajaiban Dunia (6) Kenapa HP Disebut Telepon Seluler? (1) Kuil Artemis (1) Lain-Lain (5) Machu Picchu (1) Mata (1) Mengapa Bisa Terjadi Petir? (1) Mengapa Kita Mengantuk Sesudah Makan Siang? (1) Mengapa langit berwarna biru? (1) Mengapa matahari berwarna merah saat terbit dan terbenam? (1) Mengapa pesawat terbang yang jauh diatas terlihat lambat bergerak? (1) Mengapa Tubuh Kita Gemetar pada Saat Cuaca Dingin? (1) Mikroskop (1) Olahraga (8) Otak (1) Otot (1) Penciuman dan Pengecap (1) Penemuan Besar (2) Pengetahuan Umum (5) Petualangan (8) Potala (1) Proses Fotosintesis (1) Rantai Makanan (1) Renang (1) Sahara (1) Segitiga Bermuda (1) Sejarah Borobudur (1) Senam (1) Sepak Bola (1) Serengeti (1) Tembok Cina (1) Tempat Terpanas di Bumi (1) Terbang Layang (1) Terumbu Karang (1) Tomcat Serangga Pesawat Tempur (1) Triathlon (1) Tubuh Manusia (9)