Pages

Cari Blog Ini

Minggu, 22 Januari 2012

Otot


Otot adalah jaringan seperti kumpulan kabel yang dapat mengerut dan mengendur untuk menggerakkan setiap bagian dari tubuh. Hal ini membuat anggota tubuh bisa menjalankan fungsinya dengan baik, seperti membuat jantung terus berdetak, mengalirkan makanan lewat usus, membantu peredaran darah, dan membantu manusia melakukan berbagai gerakan. Berat otot ini sekitar 35 % dalam tubuh perempuan, sedangkan pada tubuh laki-laki sekitar 45 %. Otot-otot ini menempel pada tulang oleh jaringan yang disebut tendon.


Wajah dan Otot
Wajah kita pun memiliki sejumlah otot. Otot inilah yang menarik atau mengendur sehingga menghasilkan mimik wajah, seperti tersenyum, cemberut, marah atau takut.
Selain itu otot wajah juga membantu kita untuk melakukan kegiatan lain seperti mengunyah, berbicara, bernyanyi, bersiul dan mengedipkan mata.


Otot Antagonistis
Otot antagonistis adalah dua otot yang bekerja sama untuk menghasilkan gerakan yang berlawanan. Pada otot lengan, misalnya, terdapat otot bisep dan trisep.
Otot bisep akan mengendur ketika lengan menurunkan beban. Sebaliknya, otot ini akan mengerut saat lengan menarik  beban. Otot yang sejenis juga terdapat pada otot-otot tungkai.

1 comments:

Unknown mengatakan...

thx y utk infonya, cukup singkat dan padat...

Posting Komentar

Daftar Isi

Abu Simbel (1) Alam (15) Alaska (1) Alexander Fleming (1) Alexander Graham Bell (1) Apa Itu E-mail? (1) Apakah Bumi Itu (1) Apakah Cuaca Itu? (1) Archimedes (1) Atletik (1) Bagaimana pelangi terbentuk? (1) Bagaimana samudra dan laut terbentuk? (1) Bagaimana Terbentuknya Bumi? (1) Benarkah Bumi berputar? (1) Benjamin Franklin (1) Berapa banyak tulang yang kita miliki? (1) Berapa lama usia pohon dan semak-semak dapat bertahan? (1) Borobudur (1) Borobudur - Lingkungan Sekitar (1) Bulutangkis (1) Bumi (7) Candi Borobudur (1) Daftar Istilah (1) Darah (1) Galapagos (1) Gelas termasuk benda padat tetapi mengapa gelas terlihat bening? (1) Gunung Api (1) Ilmuwan dan Penemu (5) Isaac Newton (1) Jantung (1) Kamera Foto (1) Kantung Pemakan Tikus (1) Karate (1) Keajaiban Dunia (6) Kenapa HP Disebut Telepon Seluler? (1) Kuil Artemis (1) Lain-Lain (5) Machu Picchu (1) Mata (1) Mengapa Bisa Terjadi Petir? (1) Mengapa Kita Mengantuk Sesudah Makan Siang? (1) Mengapa langit berwarna biru? (1) Mengapa matahari berwarna merah saat terbit dan terbenam? (1) Mengapa pesawat terbang yang jauh diatas terlihat lambat bergerak? (1) Mengapa Tubuh Kita Gemetar pada Saat Cuaca Dingin? (1) Mikroskop (1) Olahraga (8) Otak (1) Otot (1) Penciuman dan Pengecap (1) Penemuan Besar (2) Pengetahuan Umum (5) Petualangan (8) Potala (1) Proses Fotosintesis (1) Rantai Makanan (1) Renang (1) Sahara (1) Segitiga Bermuda (1) Sejarah Borobudur (1) Senam (1) Sepak Bola (1) Serengeti (1) Tembok Cina (1) Tempat Terpanas di Bumi (1) Terbang Layang (1) Terumbu Karang (1) Tomcat Serangga Pesawat Tempur (1) Triathlon (1) Tubuh Manusia (9)