Pages

Cari Blog Ini

Minggu, 22 Januari 2012

Kuil Artemis di Efesus


Kuil Artemis berada di efesus, yang letaknya di Asia Kecil. Di peta masa kini, lokasinya berjarak 50 kilometer dari Izmir di Turki. Kuil yang dibangun sekitar tahun 800 SM ini merupakan persembahan bagi Dewi Agung Artemis Diana. Kala itu orang-orang di Efesus menganggapnya sebagai Dewi Kesuburan.

Kuil yang megah
Kuil Artemis termasuk dalam keajaiban dunia karena bangunan ini sangat megah dan terbuat dari bahan yang mahal. Bangunan ini memiliki 127 pilar yang sangat kuat. Tinggi masing-masing pilar mencapai 20 meter. Sedangkan panjang kuil tidak kurang dari 180 meter , lebar 30 meter. Hampir keseluruhan bangunan ini dilapisi marmer. Malah di dalamnya juga terdapat patung-patung yang terbuat dari perunggu.


Tinggal puing
Ada sejumlah arsitek yang tercatat sebagai perancang Artemis. Mereka hidup di masa yang berbeda. Hal itu disebabkan kuil ini sempat hancur dan dibangun kembali di masa yang berbeda. Arsitek tersebut diantaranya adalah Chesiphron dan Metagenes (600 SM), Theodorus (550 SM) dan Scopas dari Paros (320 SM).

Kini kita tidak bisa melihat kuil megah ini. Kerusuhan, peperangan dan usia yang telah memperburuk kondisi bangunan tersebut. Pada masa sekarang, yang bisa kita lihat hanya puing-puingnya saja.

Herostratus
Kuil Artemis pernah dibakar oleh seorang yang bernama Herostratus. Dia melakukannya agar namanya terkenal dan tercatat dalam sejarah. Kemarahan warga Efesus tidak terbendung. Mereka menghukum Herostratus. Karena benci, penduduk Efesus tidak boleh menyebut nama pemuda itu. Siapa yang melanggar akan mendapat hukuman juga.

0 comments:

Posting Komentar

Daftar Isi

Abu Simbel (1) Alam (15) Alaska (1) Alexander Fleming (1) Alexander Graham Bell (1) Apa Itu E-mail? (1) Apakah Bumi Itu (1) Apakah Cuaca Itu? (1) Archimedes (1) Atletik (1) Bagaimana pelangi terbentuk? (1) Bagaimana samudra dan laut terbentuk? (1) Bagaimana Terbentuknya Bumi? (1) Benarkah Bumi berputar? (1) Benjamin Franklin (1) Berapa banyak tulang yang kita miliki? (1) Berapa lama usia pohon dan semak-semak dapat bertahan? (1) Borobudur (1) Borobudur - Lingkungan Sekitar (1) Bulutangkis (1) Bumi (7) Candi Borobudur (1) Daftar Istilah (1) Darah (1) Galapagos (1) Gelas termasuk benda padat tetapi mengapa gelas terlihat bening? (1) Gunung Api (1) Ilmuwan dan Penemu (5) Isaac Newton (1) Jantung (1) Kamera Foto (1) Kantung Pemakan Tikus (1) Karate (1) Keajaiban Dunia (6) Kenapa HP Disebut Telepon Seluler? (1) Kuil Artemis (1) Lain-Lain (5) Machu Picchu (1) Mata (1) Mengapa Bisa Terjadi Petir? (1) Mengapa Kita Mengantuk Sesudah Makan Siang? (1) Mengapa langit berwarna biru? (1) Mengapa matahari berwarna merah saat terbit dan terbenam? (1) Mengapa pesawat terbang yang jauh diatas terlihat lambat bergerak? (1) Mengapa Tubuh Kita Gemetar pada Saat Cuaca Dingin? (1) Mikroskop (1) Olahraga (8) Otak (1) Otot (1) Penciuman dan Pengecap (1) Penemuan Besar (2) Pengetahuan Umum (5) Petualangan (8) Potala (1) Proses Fotosintesis (1) Rantai Makanan (1) Renang (1) Sahara (1) Segitiga Bermuda (1) Sejarah Borobudur (1) Senam (1) Sepak Bola (1) Serengeti (1) Tembok Cina (1) Tempat Terpanas di Bumi (1) Terbang Layang (1) Terumbu Karang (1) Tomcat Serangga Pesawat Tempur (1) Triathlon (1) Tubuh Manusia (9)