Pages

Cari Blog Ini

Minggu, 12 Februari 2012

Senam


Senam adalah olahraga yang membutuhkan kekuatan fisik, kelenturan, dan keindahan gerak. Dalam olahraga ini kita bisa melihat atlet-atletnya melakukan gerakan jungkir balik ke belakang (handspring), berdiri tegak menggunakan kedua tangan dengan posisi kepala di bawah kaki di atas (handstand), dan berguling (forward rolls).
Senam terbagi menjadi beberapa kategori, seperti ritmik dan artistik. Di kategori artistik, alat-alat yang digunakan terdiri dari meja lompat, palang sejajar, palang bertingkat, palang tunggal, lantai, balok keseimbangan, gelang-gelang, kuda-kuda pelana.


Senam Ritmik
Ritmik merupakan satu-satunya cabang senam yang dikhususkan bagi pesenam wanita. Selain menggunakan musik yang mendukung gerakan dan keindahan pesenam, senam ini juga menggunakan beberapa alat, seperti bola, tali, pita, simpai, dan tongkat.

Nilai Sempurna
 Seorang atlet senam mendapatkan nilai berdasarkan tingkat kesulitan gerakan, yang bisa dikurangi jika ia melakukan kesalahan. Nilai ini antara 1 - 10. Nilai 10 merupakan nilai tertinggi yang diberikan bagi atlet yang melakukan gerakan dengan sempurna.

Fakta Menarik
Nadia Comaneci, atlet senam asal Rumania, menjadi orang pertama yang memperoleh nilai sempurna 10 di olimpiade tahun 1976.

0 comments:

Posting Komentar

Daftar Isi

Abu Simbel (1) Alam (15) Alaska (1) Alexander Fleming (1) Alexander Graham Bell (1) Apa Itu E-mail? (1) Apakah Bumi Itu (1) Apakah Cuaca Itu? (1) Archimedes (1) Atletik (1) Bagaimana pelangi terbentuk? (1) Bagaimana samudra dan laut terbentuk? (1) Bagaimana Terbentuknya Bumi? (1) Benarkah Bumi berputar? (1) Benjamin Franklin (1) Berapa banyak tulang yang kita miliki? (1) Berapa lama usia pohon dan semak-semak dapat bertahan? (1) Borobudur (1) Borobudur - Lingkungan Sekitar (1) Bulutangkis (1) Bumi (7) Candi Borobudur (1) Daftar Istilah (1) Darah (1) Galapagos (1) Gelas termasuk benda padat tetapi mengapa gelas terlihat bening? (1) Gunung Api (1) Ilmuwan dan Penemu (5) Isaac Newton (1) Jantung (1) Kamera Foto (1) Kantung Pemakan Tikus (1) Karate (1) Keajaiban Dunia (6) Kenapa HP Disebut Telepon Seluler? (1) Kuil Artemis (1) Lain-Lain (5) Machu Picchu (1) Mata (1) Mengapa Bisa Terjadi Petir? (1) Mengapa Kita Mengantuk Sesudah Makan Siang? (1) Mengapa langit berwarna biru? (1) Mengapa matahari berwarna merah saat terbit dan terbenam? (1) Mengapa pesawat terbang yang jauh diatas terlihat lambat bergerak? (1) Mengapa Tubuh Kita Gemetar pada Saat Cuaca Dingin? (1) Mikroskop (1) Olahraga (8) Otak (1) Otot (1) Penciuman dan Pengecap (1) Penemuan Besar (2) Pengetahuan Umum (5) Petualangan (8) Potala (1) Proses Fotosintesis (1) Rantai Makanan (1) Renang (1) Sahara (1) Segitiga Bermuda (1) Sejarah Borobudur (1) Senam (1) Sepak Bola (1) Serengeti (1) Tembok Cina (1) Tempat Terpanas di Bumi (1) Terbang Layang (1) Terumbu Karang (1) Tomcat Serangga Pesawat Tempur (1) Triathlon (1) Tubuh Manusia (9)