Pages

Cari Blog Ini

Selasa, 24 Januari 2012

Potala


Potala adalah tempat tinggal para calon pendeta Buddha. Di sini juga tinggal Dalai Lama, pemimpin agama Buddha di Tibet. Potala terletak di di Lhasa, Tibet. Bangunan besar ini berada di bukit Potala, 3.700 meter di atas permukaan laut. Bangunan ini memiliki banyak ruangan, baik untuk tinggal para biksu maupun tempat untuk melakukan doa. Jika berjalan-jalan ke dalamnya, kita bisa melihat berbagai lukisan yang indah dan penuh makna di sebagian besar dinding bagian dalamnya.

Berlapis Emas


Potala mulai di bangun pada abad ke tujuh oleh Songstan Gambo, pendiri kerajaan Tubo. Bangunan ini dibuat sebagai peringatan perkawinannya dengan Putri Wencheng dari dinasti Tang.
Bangunan yang terlihat sekarang didirikan dalam beberapa tahap. Bagian tertinggi Potala misalnya, baru dibangun pada tahun 1690.
Sebagian besar Potala dihiasi oleh patung-patung emas dengan ornamen-ornamen yang sangat berharga. Bahkan bagian atap Potala pun dilapisi emas.


Berbagai Fungsi
Bangunan yang terdiri dari dua bagian utama, yaitu Gedung Putih dan Gedung Merah. Di Gedung putih banyak dilakukan kegiatan yang tidak berhubungan dengan keagamaan. Sedangkan di Gedung Merah merupakan tempat untuk menjalankan kegiatan keagamaaan. Di sini disimpan kitab-kitab penting dan stupa-stupa untuk menghormati Dalai Lama yang telah wafat.

Fakta Menarik
Tinggi Potala lebih dari 117 meter.
Potala memiliki 1.000 ruangan.
Untuk membangun Potala dibutuhkan sekitar 7.000 pekerja dan 1.500 seniman.

0 comments:

Posting Komentar

Daftar Isi

Abu Simbel (1) Alam (15) Alaska (1) Alexander Fleming (1) Alexander Graham Bell (1) Apa Itu E-mail? (1) Apakah Bumi Itu (1) Apakah Cuaca Itu? (1) Archimedes (1) Atletik (1) Bagaimana pelangi terbentuk? (1) Bagaimana samudra dan laut terbentuk? (1) Bagaimana Terbentuknya Bumi? (1) Benarkah Bumi berputar? (1) Benjamin Franklin (1) Berapa banyak tulang yang kita miliki? (1) Berapa lama usia pohon dan semak-semak dapat bertahan? (1) Borobudur (1) Borobudur - Lingkungan Sekitar (1) Bulutangkis (1) Bumi (7) Candi Borobudur (1) Daftar Istilah (1) Darah (1) Galapagos (1) Gelas termasuk benda padat tetapi mengapa gelas terlihat bening? (1) Gunung Api (1) Ilmuwan dan Penemu (5) Isaac Newton (1) Jantung (1) Kamera Foto (1) Kantung Pemakan Tikus (1) Karate (1) Keajaiban Dunia (6) Kenapa HP Disebut Telepon Seluler? (1) Kuil Artemis (1) Lain-Lain (5) Machu Picchu (1) Mata (1) Mengapa Bisa Terjadi Petir? (1) Mengapa Kita Mengantuk Sesudah Makan Siang? (1) Mengapa langit berwarna biru? (1) Mengapa matahari berwarna merah saat terbit dan terbenam? (1) Mengapa pesawat terbang yang jauh diatas terlihat lambat bergerak? (1) Mengapa Tubuh Kita Gemetar pada Saat Cuaca Dingin? (1) Mikroskop (1) Olahraga (8) Otak (1) Otot (1) Penciuman dan Pengecap (1) Penemuan Besar (2) Pengetahuan Umum (5) Petualangan (8) Potala (1) Proses Fotosintesis (1) Rantai Makanan (1) Renang (1) Sahara (1) Segitiga Bermuda (1) Sejarah Borobudur (1) Senam (1) Sepak Bola (1) Serengeti (1) Tembok Cina (1) Tempat Terpanas di Bumi (1) Terbang Layang (1) Terumbu Karang (1) Tomcat Serangga Pesawat Tempur (1) Triathlon (1) Tubuh Manusia (9)