Pages

Cari Blog Ini

Senin, 13 Februari 2012

Jantung


Jantung adalah salah satu organ penting manusia. Organ yang letaknya di dada sebelah kiri ini bertugas untuk memompa darah ke seluruh tubuh.
Meskipun ukurannya hanya sebesar genggaman tangan manusia, namun jantung berperan banyak dalam kehidupan manusia. Darah yang dipompa oleh jantung membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk otak. Proses pemompaan ini ditandai dengan jantung yang berdetak secara teratur. Detak ini juga dapat dirasakan dengan menekan sedikit urat nadi di pergelangan tangan.

Bagaimana jantung bekerja?
Jantung memiliki empat buah ruangan yaitu serambi kanan, bilik kanan, serambi kiri, dan bilik kiri. Darah yang sudah dialirkan ke seluruh tubuh akan masuk ke serambi kanan, lalu ke bilik kanan, dan kemudian ke paru-paru untuk mengambil oksigen.
Setelah itu, darah yang masih kaya oksigen, dipompakan ke bilik kiri melalui serambi kiri untuk kemudian dialirkan ke seluruh tubuh. Darah yang sudah mengalir ke seluruh tubuh akan kembali dipompakan ke serambi kanan.


Mengapa jantung berdetak?
Ketika jantung berdenyut, di bagian bawah jantung terdorong ke depan dan ke atas, lalu membentur dinding depan dada. Itu sebabnya terasa seperti ada detak di dada. Detak ini terasa dengan meletakkan tangan di sebelah kiri dada.
Jika orang sedang melakukan kegiatan fisik, jantungnya akan berdetak lebih cepat. Misalnya saja ketika seseorang berolahraga. Ini disebabkan ketika berolahraga tubuh membutuhkan oksigen lebih banyak dari biasanya.

Fakta Menarik
Dalam sebuah kegiatan yang berat, detak jantung bisa mencapai 3 kali lebih cepat.

0 comments:

Posting Komentar

Daftar Isi

Abu Simbel (1) Alam (15) Alaska (1) Alexander Fleming (1) Alexander Graham Bell (1) Apa Itu E-mail? (1) Apakah Bumi Itu (1) Apakah Cuaca Itu? (1) Archimedes (1) Atletik (1) Bagaimana pelangi terbentuk? (1) Bagaimana samudra dan laut terbentuk? (1) Bagaimana Terbentuknya Bumi? (1) Benarkah Bumi berputar? (1) Benjamin Franklin (1) Berapa banyak tulang yang kita miliki? (1) Berapa lama usia pohon dan semak-semak dapat bertahan? (1) Borobudur (1) Borobudur - Lingkungan Sekitar (1) Bulutangkis (1) Bumi (7) Candi Borobudur (1) Daftar Istilah (1) Darah (1) Galapagos (1) Gelas termasuk benda padat tetapi mengapa gelas terlihat bening? (1) Gunung Api (1) Ilmuwan dan Penemu (5) Isaac Newton (1) Jantung (1) Kamera Foto (1) Kantung Pemakan Tikus (1) Karate (1) Keajaiban Dunia (6) Kenapa HP Disebut Telepon Seluler? (1) Kuil Artemis (1) Lain-Lain (5) Machu Picchu (1) Mata (1) Mengapa Bisa Terjadi Petir? (1) Mengapa Kita Mengantuk Sesudah Makan Siang? (1) Mengapa langit berwarna biru? (1) Mengapa matahari berwarna merah saat terbit dan terbenam? (1) Mengapa pesawat terbang yang jauh diatas terlihat lambat bergerak? (1) Mengapa Tubuh Kita Gemetar pada Saat Cuaca Dingin? (1) Mikroskop (1) Olahraga (8) Otak (1) Otot (1) Penciuman dan Pengecap (1) Penemuan Besar (2) Pengetahuan Umum (5) Petualangan (8) Potala (1) Proses Fotosintesis (1) Rantai Makanan (1) Renang (1) Sahara (1) Segitiga Bermuda (1) Sejarah Borobudur (1) Senam (1) Sepak Bola (1) Serengeti (1) Tembok Cina (1) Tempat Terpanas di Bumi (1) Terbang Layang (1) Terumbu Karang (1) Tomcat Serangga Pesawat Tempur (1) Triathlon (1) Tubuh Manusia (9)