Pages

Cari Blog Ini

Minggu, 12 Februari 2012

Alaska


Alaska adalah negara bagian Amerika Serikat yang ke 49. Luas wilayanya mencapai 1.717.654 kilometer persegi. Angka ini membuatnya menjadi negara bagian Amerika Serikat yang terluas.
Awalnya Alaska adalah milik Rusia, namun pada 1867, wilayah ini berpindah tangan  ke Amerika Serikat.
Alaska memiliki wilayah geografis yang beragam, ada wilayah yang memiliki banyak sungai, ada juga yang memiliki banyak gunung berapi. Selain itu Alaska juga memiliki banyak taman dan hutan nasional, tempat kehidupan liar yang dibiarkan tanpa diusik.


Suku Inuit
Penduduk asli Alaska adalah suku Inuit. Awalnya mereka adalah suku yang hidup secara nomaden. Mereka hidup dengn berburu hewan-ewan laut seperti paus, anjing laut, singa laut hingga beruang laut.
Inuit diperkirakan tiba di Kanada dan kemudian di Alaska pada awal abad ke 13. Di sinilah mereka bertemu dengan orang-orang eropa dan mulai berinteraksi.

Hewan di Alaska
Alaska memiliki sejumlah hewan khas. Hewan-hewan ini dilindungi pemerintah. Hewan-hewan yang dimaksud adalah:



Elang Botak (Haliaeetus leucocephalus)
Elang jenis ini hidup dengan memangsa hewan-hewan kecil seperti tikus, burung-urung kecil dan ikan. Mereka tinggal di lembah, pegunungan, sekitar sungai atau danau.



Puffin (Fratercula artica)
Puffin adalah jenis burung laut. Ia memeiliki sayap kecil yang digunakan untuk berenang dan menyelam di laut. Sayap itu tidak dapat digunakan untuk terbang. Puffin hidup dalam kelompok yang besar. Mereka biasnya tinggal di karang-karang tepi laut.


Beruang Grizzly (Ursus arctors)
Spesies beruang ini memiliki bulu berwarna coklat kehitaman. Beratnya bisa mencapai 700 kilogram. Selain hidup dengan memakan ikan dan mamalia kecil, ia juga memakan akar tumbuhan dan jamur.

0 comments:

Posting Komentar

Daftar Isi

Abu Simbel (1) Alam (15) Alaska (1) Alexander Fleming (1) Alexander Graham Bell (1) Apa Itu E-mail? (1) Apakah Bumi Itu (1) Apakah Cuaca Itu? (1) Archimedes (1) Atletik (1) Bagaimana pelangi terbentuk? (1) Bagaimana samudra dan laut terbentuk? (1) Bagaimana Terbentuknya Bumi? (1) Benarkah Bumi berputar? (1) Benjamin Franklin (1) Berapa banyak tulang yang kita miliki? (1) Berapa lama usia pohon dan semak-semak dapat bertahan? (1) Borobudur (1) Borobudur - Lingkungan Sekitar (1) Bulutangkis (1) Bumi (7) Candi Borobudur (1) Daftar Istilah (1) Darah (1) Galapagos (1) Gelas termasuk benda padat tetapi mengapa gelas terlihat bening? (1) Gunung Api (1) Ilmuwan dan Penemu (5) Isaac Newton (1) Jantung (1) Kamera Foto (1) Kantung Pemakan Tikus (1) Karate (1) Keajaiban Dunia (6) Kenapa HP Disebut Telepon Seluler? (1) Kuil Artemis (1) Lain-Lain (5) Machu Picchu (1) Mata (1) Mengapa Bisa Terjadi Petir? (1) Mengapa Kita Mengantuk Sesudah Makan Siang? (1) Mengapa langit berwarna biru? (1) Mengapa matahari berwarna merah saat terbit dan terbenam? (1) Mengapa pesawat terbang yang jauh diatas terlihat lambat bergerak? (1) Mengapa Tubuh Kita Gemetar pada Saat Cuaca Dingin? (1) Mikroskop (1) Olahraga (8) Otak (1) Otot (1) Penciuman dan Pengecap (1) Penemuan Besar (2) Pengetahuan Umum (5) Petualangan (8) Potala (1) Proses Fotosintesis (1) Rantai Makanan (1) Renang (1) Sahara (1) Segitiga Bermuda (1) Sejarah Borobudur (1) Senam (1) Sepak Bola (1) Serengeti (1) Tembok Cina (1) Tempat Terpanas di Bumi (1) Terbang Layang (1) Terumbu Karang (1) Tomcat Serangga Pesawat Tempur (1) Triathlon (1) Tubuh Manusia (9)