Pages

Cari Blog Ini

Minggu, 22 Januari 2012

Mikroskop



Mikroskop sangat membantu manusia di berbagai bidang . dengan alat ini seorang bisa melihat berbagai benda maupun kehidupan kecil yang tidak bisa terlihat oleh mata . mikrokop pertama kali ditemukan oleh dua orang berkebangsaan belanda,Hans dan Zacharias janssen sekitar 1600 . mikroskop ini masih sangat sederhana . Baru pada tahun –tahun berikutnya benda ini mengalami perkembangan yang lebih menajubkan . salah satu kemajuan itu adalah menggunakan sinar X pada mikroskop .


Bagian Mikroskop
Mikroskop sendiri terdiri atas sejumlah bagian utama, yaitu bagian optic, bagian mekanin, dan bagian yang berhubungan dengan pencahayaan (iluminasi). Lensa berfungsi memeperbesar bayangan obyek. Bagian mekanis memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi  penggunanya. Sedangkan bagian pencahayaan berguna untuk mengumpulkan cahaya agar obyek bisa terlihat.

Pembedahan Mikro
Dengan bantuan mikroskop khusus, orang bisa melakukan pembedahan pada bagian tubuh yang sangat kecil, misalnya pembedahan pembuluh darah, atau melakukan transplantasi jaringan.

Dengan cara ini, semakin banyak penyakit pada manusia yang bisa di atasi.


Tokoh Mikroskop
Salah satu tokoh yang berperan dalam pengembangan  mikroskop adalah Anton van Leewenhoek (1632-1723). Sekitar 50 tahun ia melakukan berbagai riset untuk membuat mikroskop yang lebih baik daripada yang sudah ada. 

0 comments:

Posting Komentar

Daftar Isi

Abu Simbel (1) Alam (15) Alaska (1) Alexander Fleming (1) Alexander Graham Bell (1) Apa Itu E-mail? (1) Apakah Bumi Itu (1) Apakah Cuaca Itu? (1) Archimedes (1) Atletik (1) Bagaimana pelangi terbentuk? (1) Bagaimana samudra dan laut terbentuk? (1) Bagaimana Terbentuknya Bumi? (1) Benarkah Bumi berputar? (1) Benjamin Franklin (1) Berapa banyak tulang yang kita miliki? (1) Berapa lama usia pohon dan semak-semak dapat bertahan? (1) Borobudur (1) Borobudur - Lingkungan Sekitar (1) Bulutangkis (1) Bumi (7) Candi Borobudur (1) Daftar Istilah (1) Darah (1) Galapagos (1) Gelas termasuk benda padat tetapi mengapa gelas terlihat bening? (1) Gunung Api (1) Ilmuwan dan Penemu (5) Isaac Newton (1) Jantung (1) Kamera Foto (1) Kantung Pemakan Tikus (1) Karate (1) Keajaiban Dunia (6) Kenapa HP Disebut Telepon Seluler? (1) Kuil Artemis (1) Lain-Lain (5) Machu Picchu (1) Mata (1) Mengapa Bisa Terjadi Petir? (1) Mengapa Kita Mengantuk Sesudah Makan Siang? (1) Mengapa langit berwarna biru? (1) Mengapa matahari berwarna merah saat terbit dan terbenam? (1) Mengapa pesawat terbang yang jauh diatas terlihat lambat bergerak? (1) Mengapa Tubuh Kita Gemetar pada Saat Cuaca Dingin? (1) Mikroskop (1) Olahraga (8) Otak (1) Otot (1) Penciuman dan Pengecap (1) Penemuan Besar (2) Pengetahuan Umum (5) Petualangan (8) Potala (1) Proses Fotosintesis (1) Rantai Makanan (1) Renang (1) Sahara (1) Segitiga Bermuda (1) Sejarah Borobudur (1) Senam (1) Sepak Bola (1) Serengeti (1) Tembok Cina (1) Tempat Terpanas di Bumi (1) Terbang Layang (1) Terumbu Karang (1) Tomcat Serangga Pesawat Tempur (1) Triathlon (1) Tubuh Manusia (9)